Recent

Samsung A50s Update One UI 3.1. Apa Saja Perubahannya?

Seminggu yang lalu 15 maret 2021, samsung mulai membagikan update android 11 pada perangkat A50s. Selain mendapatkan os baru, Samsung A50s juga mendapatkan penyegaran dengan antar muka baru, yaitu One UI 3.1. Tidak hanya di negara kita indonesia, nampaknya samsung juga memberikan update perangkat lunak ini secara serentak di 7 negara secara bersamaan, yaitu Kamboja, Thailand, Filipina, India, Malaysia, dan Indonesia. Kecuali vietnam yang udah nyalip duluan dari tanggal 7. Cara updatenya tentu saja cukup mudah, tinggal buka pengaturan, scroll kebawah pilih software update, pilih lagi download & install, kemudian muncul info detail tentang update android 11 ini. Kemudian klik tombol download yang ada dibagian bawah layar hape anda.

Dengan ukuran file yang lumayan besar sekitar 1.8 Gb, sebaiknya gunakan jaringan yang bagus. Seperti wifi gratis misalnya, asalkan saja stabil. Akan lebih baik kita gunakan jaringan wifi id, karena kecepatan internetnya tak perlu dipertanyakan lagi. Bisa juga kita gunakan jaringan dari hapenya langsung, asalkan kuotanya cukup dan jaringannya lancar. Tapi kita terkadang menemui kendala download saat update OTA ini. Mungkin sebagian dari kalian mengalami gagal download yang berulang-ulang, padahal signalnya bagus. Membuka aplikasi lainpun lancar-lancar saja. Hal itu sepertinya hampir terjadi disemua type hape samsung. Jawabannya sangat sederhana, kecepatan jaringannya tidak stabil, lebih tepatnya putus-putus. Contohnya saya medownload menggunakan telkomsel pada jaringan 4g. Proses downloadnya mogok terus dan ujungnya gagal. Kemudian saya ubah ke jaringan 3G, proses downloadnya menjadi lancar sampai akhir. Jadi intinya jaringannya harus stabil, tidak akan maksimal jika jaringannya putus-putus.

Sebagai alternatif, kalian bisa juga mengupdate dengan cara flashing. Cara ini biasanya dilakukan jika sudah mengganti rom bawaan dengan custom rom. Atau kalian sudah melakuakan rooting, dan mengobrak-abrik systemnya. Tapi kalau hanya sekedar melakukan root saja, sepertinya masih bisa dengan cara update perangkat lunak secara normal. Lebih lengkap cara flashingnya bisa kalian baca disini, dan untuk mendownload frimwarenya bisa ambil di Sammobile, atau bisa juga download di SamFw disini. Ukuran filenya juga lebih besar sekitar 4.4 Gb.

Proses installasi ke One UI 3.1 ini cukup singkat, jika dibandingkan saat update dari One UI 2 ke 2.5. Dengan demikian tak perlu khawatir akan mengalami masalah saat proses update. Mungkin masalahnya datang setelah update, biasanya hape jadi lemot, atau ada aplikasi yang error. Solusinya bisa di restart, dan mengupdate aplikasi bawaan samsung dan google. Jika cara itu belum efektif kita bisa juga menghapus data cache dari recovery mode, atau melakukan jurus terakhir yaitu hard reset.

Dengan update One UI 3.1 ini tentu saja mebawa beberapa peubahan dan perbedaan. Kalau untuk penambahan fitur saya rasa samgat minim, kalau peningkatan mungkin ada. Tapi yang paling terasa tentu saja UI nya, dan ulasan lengkapnya bisa disimak  videonya dibawah ini.


Mulai dari lockscreen, terlihat shortcut camera dan telepon menggunakan warna hitam putih, kemudian ada widget jam yang diposisikan ditengah untuk tampilan defaultnya. Dan ketika kita klik jam tersebut akan langsung di arahkan kehalaman widget.

Homscreen atau launchernya sudah menggunakan versi 12 yang terbaru. Tidak banyak berubah, tapi terlihat lebih simpel. Warna background folder dan searchbar dibagian apps screen maupun recent app akan berubah warna sesuai mode layar yang digunakan. Kita bisa juga mengganti warna menggunakan kode RGB. Selanjutnya samsung daily juga digantikan dengan aplikasi baru yaitu samsung free. Fiturnya hanya menampilkan berita dan instant game, padahal instant game sudah ada pada game launcher. Menurut saya lebih baik menggunakan bixby home seperti pada One UI versi pertama.

Widget cuaca mendapatkan pembaruan yang lumayan oke. Selain posisi defaultnya yang di pindah ketengah, widget ini juga menampilkan index ultaviolet. Tapi yang saya sayangkan aplikasinya sendiri malah menampilkan iklan yang sedikit mengganggu pandangan mata.

Salah satu yang mendapatkan perubahan paling baik yaitu pada bagian quick setting dan panel notifikasi. Selain posisi jam yang ikut pindah ke tengah, backrounnya juga menjadi semi transparan dengan tambahan efek blur yang membuat terlihat lebih hidup. Tak ketinggalan juga pada bagian volume panel. Selain posisinya di pindah ketengan layar, bentuk volume bar yang lebih lebar lebih memudahkan untuk mengaturnya.

Fitur video call bawaan samsung sekarang dihilangkan, dan digantikan dengan google duo. Ada juga fitur tambahan, kita bisa mengganti background saat melakukan panggilan, bisa menggunakan wallpaper ataupun foto pribadi.

Edge lighting menjadi fitur utama pada One UI 3.1 ini. Mungkin ada yang mengira fitur ini hilang. Padahal penempatan dan namanya yang berubah. Untuk mengaktifkannya langsung buka pengaturan notifikasi, kemudian pilih brief atau singkat. Kemudian klik pengaturan pop-up singkat untuk mengganti efek edge lighting.

Tak ketinggalan keyboard yang menggunakan samsung honeyboard. Meskipun keyboard ini sudah digunakan di One UI 2.5, tetapi sudah menggunakan versi terbaru yang lebih baik.


Related Post :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema S8 Dream UX V2

Samsung One UI Night Theme.

Membuat Homescreen Galaxy S8 Dengan Nova Launcher

Samsung One UI V2 Theme

Tema Galaxy S8