Penyebab System UI Android Terhenti Dan Beberapa Cara Mengatasinya.

Berhubung kemarin banyak korban system ui terhenti. Akibat memasang tema ios 12 khusus yang center clock. Padahal di hape saya lancar-lancar saja. Nyatanya gak bisa cocok di tiap hape. Sangat menjengkelkan memang jika terjadi hal seperti ini, dan yang terpikir pasti hanya hard reset. Padahal ada cara lain yang lebih bersahabat, tanpa menghilangkan semua file di internal hape kita. 

Ada beberapa hal yang menyebabkan system ui terhenti atau error di android. Dan berdampak lumayan fatal, karena hape biasanya hampir tidak bisa difungsikan. Berikut beberapa sebab dan cara mengatasi jika system ui mengalami error di hape kita.

1. System UI Terhenti Tanpa Di Otak-Atik.

Tanpa di otak-atik system ui bisa juga mengalami error. Saya sendiri pernah menemui hal seperti ini, padahal kondisi hape dalam keadaan sangat standar dan tidak diketahui sebabnya. Cara mengatasinya tentu yang pertama dengan melakukan hard reset atau kembali ke pengaturan pabrik. Jika cara tersebut belum berhasil, selanjutnya dengan melakukan flashing ulang. Kalau belum berhasil juga sebaiknya langsung bawa ke tukang service, karena bisa disebabkan kerusakan hardware, atau salah salah satu pertanda emmc akan segera rusak.

2. System UI Terhenti Karena Di Otak-Atik.

Jika system ui error karena di modifikasi atau diganti. Hal itu bukan masalah bagi para opreker yang sudah terbiasa. Tapi bagi pemula pasti panik. Padahal sudah disiapkan antisipasinya jika hal ini terjadi. Seperti twrp ataupun cwm yang dipasang setelah proses root, yang berfungsi untuk membackup file sebelum melakukakan modifikasi. Akan tetapi jika lupa membackup atau tidak menemukan solusinya, bisa melakukan jurus pamungkas yaitu dengan cara flashing ulang.

3. System UI Terhenti Karena Memasang Tema.

Untuk hal satu ini saya pernah beberapa kali mengalaminya. Hal ini disebakan file di tema ada ketidak cocokan dengan hape yang kita gunakan. Jika errornya di launcher, phone, dan lainnya itu tidak masalah, arena kita bisa mengembalikan ke tema default dengan mudah. Namun jika terjadinya pada system ui dampaknya lumayan fatal, akibatnya tidak bisa mengakses aplikasi apapun. Cara yang paling singkat yaitu dengan melakukan hard reset. Tapi ada cara lain juga dengan cara membiarkannya saja. Biasanya sekitar 30 menit paling lama, tema akan kembali ke default. Ternyata ada cara yang paling mudah untuk mengatasi hal ini. Yaitu dengan cara mengaktifkan mode darurat atau emergency mode. Tapi Kalau lagi panik mau cari mode ini saja sulitnya setengah mati. Padahal sangat mudah, tinggal tekan lama tombol power seperti kita hendak mematikan hape. Contohnya seperti gambar dibawah ini.


Jika sudah dalam emergency mode press kembali tombol power, dan matikan mode daruratnya. Maka otomatis tema kembali ke default, kemudian hapus temanya.

Seperti itulah penyebab system ui di android bisa error, dan beberapa cara mengatasinya. Semoga postingan ini bisa sedikit membantu.


Related Post :

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
nizam azka
AUTHOR
11 February 2019 at 03:57 delete

Dan saya adalah salah satubyanv mengalami.. udah masum ke mode darurat sih. .tapi ttp gakbisa bang.. udah ku ulang2 beberapa kali... dan akhirnya hard reset . Hilnaglah semua.

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
18 February 2019 at 03:37 delete

Good tutor min..workk

Reply
avatar