4 Cara Menginstall Dan Mengganti Fonts Di Samsung Oreo

Rasanya ada yang kurang, jika font di smartphone kita tidak diganti. Mengganti font ini merupakan salah satu bagian terpenting dalam rangka mempercantik tampilan smartphone. Terkadang font yang digunakan menjadi sulit dibaca, karena saking kerennya. Itu bukan masalah, yang penting cakep.

Terus bagaimana jika font tersebut sulit diganti, seperti yang terjadi pada samsung yang menggunakan os oreo saat ini. Biasanya mengganti font di hape samsung ini cukup mudah, kita tinggal menginstall font khusus samsung, dan pasti berhasil. Tidak demikian di os oreo ini, font yang biasa kita gunakan tidak bisa lagi diterapkan alias tidak didukung. Namun atas referensi dari beberapa orang teman akhirnya ada beberapa solusi dan aplikasi untuk mengganti font di samsung oreo ini.



1. Menggunakan Wings Font Substratum.

Bukan hanya memasang tema, Substratum ini juga bisa mengganti font. Metode penerapannya sama persis dengan tema, atau bisa di lihat disini. Jika substratum sudah terinstall dengan benar, selanjutnya install wings font. Kamudian install overlay wings font ini pada substratum. Setelahnya kita di haruskan merestart agar font tersebut muncul di tempatnya, dan bisa di terapkan. Untuk wings font bisa di di unduh di xda developer, linknya ada di bawah ini.

https://forum.xda-developers.com/galaxy-s8%2b/themes/fonts-wings-samsung-fonts-1200-root-t3710688/amp/

Silahkan install khusus substratum. Kelebihanya wings font terdapat 960 lebih font di dalamnya, sehingga lebih banyak pilihan font yang bisa diterapkan.


2. Menginstall AFonts.

Afonts ini tidak seperti biasanya aplikasi font seperti ifont atau yang lainnya. Afont ini menggunakan metode overlays sama seperti wings font, yang membedakannya cara pengistallannya satu persatu. Caranya cukup mudah tinggal buka aplikasi afonts ini, download font dan install, kemudian restart.

https://play.google.com/store/apps/details?id=net.amjadroid.fontsapp


3. Menginstall Font Dari Theme Galaxy.

Masih menggunakan metode overlays seperti kedua font di atas. Cara mengistall font menggunakan aplikasi pembuat tema samsung ini mirip seperti Afonts. Buka aplikasinya, kemudian tekan menu di pojok kiri atas dan pilih build custom font from ttf. Masukan nama font, kemudian pilih salah satu load from font (font yang disediakn theme galaxy) atau ttf file manualy (font terserah yang kita suka). Kemudian install dan restart.

https://play.google.com/store/apps/details?id=project.vivid.themesamgalaxy


4. Menggunakan Font Samsung Biasa.

Cara keempat ini yang menurut saya lebih baik dari cara-cara sebelumnya. Karena menggunakan overlay seperti ketiga cara diatas memiliki kekurangan. Contohnya font akan hilang setelah beberapa kali merestart hape, menurut pengalaman saya.
Font ini sudah saya posting sebelumnya, tetapi ada kendala saat font ini digunakan di oreo. Seperti yang saya sebutkan diawal postingan ini, font tidak dapat diterapkan atau tidak di dukung. Sebenarnya mudah sekali kita tinggal mendownload di galaxy app atau play store dengan menggunakan uang jajan. Tapi ada cara lain jika uang jajannya tidak cukup. Entah siapa yang menemukan cara ini, sehingga kita bisa menghemat jatah jajan kita.
Biar gak kepanjangan langsung ikuti gak caranya dibawah ini.

- Download Fonts.
Samsung fonts | Fonts Pack.
- Install Fonts.
Install font yang mau di pasang atau semuanya kalau gak cape.
- Backup Fonts.
Settings> Cloud and Account> Backup & Restore>Backup Data> Select Apps>Backup.
- Uninstall fonts.
Settings> App> Unistall semua font yang di install tadi.
- Restore Backup Fonts.
Settings> Cloud and Account> Backup & Restore> Restore Data> Select Apps> Select Font> Restore> Install.
- Aplly Font.
Buka pengaturan font, pasti sudah bisa digunakan.

Jika kurang bisa paham bisa di lihat video tutorialnya di bawah ini.


Seperti itu dan Sekian tentang cara memasang font di samsung oreo.


Related Post :

Previous
Next Post »